5 Manfaat penting tidur siang bagi anak balita

Manfaat penting tidur siang bagi anak balita

Sebagian besar anak mungkin tidak menyukai tidur siang karena beberapa alasan, salah satunya adalah karena mereka lebih senang bermain bersama teman atau anggota keluarga. Dan terkadang kita sebagai orang tua pun membiarkan anak untuk tidak tidur siang karena beranggapan anak akan susah tidur di malam harinya. Namun tahukah anda, beberapa penelitian menyatakan anak usia balita membutuhkan waktu hingga 14 jam untuk beristirahat. Jika di malam hari ia menghabiskan waktu tidur antara 10-12 jam, itu artinya sangat disarankan untuk menambah waktu tidur di siang hari dengan durasi kurang lebih 1,5 jam saja agar kebutuhan waktu istirahatnya terpenuhi. Selain untuk memenuhi kebutuhan waktu istirahat, tidur siang juga memiliki banyak manfaat penting bagi anak balita. Apa saja kah itu ? Berikut manfaat penting tidur siang bagi anak balita beserta penjelasan nya :

  • Merangsang tumbuh kembang anak secara optimal

Seperti yang kita ketahui bahwa usia 0-5 tahun adalah masa keemasan atau biasa disebut "golden age" yang merupakan masa-masa dimana anak mengalami perkembangan yang pesat baik otak maupun fisik nya. Hormon yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak akan berkembang lebih optimal saat mereka sedang beristirahat total. Beberapa riset dan penelitian yang dilakukan oleh Medical School Harvard University menunjukan jika anak yang rutin tidur siang mempunyai pertumbuhan tubuh yang jauh lebih optimal dibandingkan dengan anak yang tidak mau tidur siang. Hal ini terjadi karena adanya hormon pertumbuhan yang biasa disebut human-Growth hormon (h-Gh) yang jauh lebih aktif mengalir didalam darah saat anak sedang tidur siang. Hormon yang ada ini diproduksi oleh otak dan bekerja sama dengan hormon-hormon yang lain yang mampu membantu proses pertumbuhan anak secara optimal.

  • Lebih baik dalam mengingat kata-kata

Anak balita yang rutin tidur siang akan lebih baik dalam mengingat kata-kata baru dibanding anak yang tidak tidur siang, hal itu terungkap dari penelitian yang dilakukan University of Arizona, AS. Dalam penelitian tersebut sejumlah anak yang berusia 3 tahun dibimbing untuk mempelajari kata-kata baru, setelah itu sebagian dari mereka diminta untuk tidur siang dan sebagian lagi tidak tidur siang. Peneliti lalu menguji pemahaman kata-kata pada para balita itu setelah 24 jam kemudian. Dan hasilnya anak yang tidur siang memiliki pemahaman kata yang lebih baik dibanding anak yang tidak tidur siang.

  • Membuat anak lebih ceria dan bahagia

Dengan istirahat yang cukup di malam hari dan siang hari pastinya balita akan memiliki mood yang baik. Keadaan fisik dan emosional yang di istirahatkan sejenak akan membuat anak tidak mudah emosi, tidak tantrum atau menangis terlalu sering. Dengan mood yang baik tentunya balita akan merasa lebih ceria dan bahagia , mereka akan lebih bertenaga, lincah, kreatif, dan akan lebih mudah mempelajari hal baru karena perasaan bahagia. Kita sebagai orang tua pun pasti turut bahagia dan merasa mudah untuk mengajari hal baru pada balita dibandingkan saat mereka merasa gelisah atau emosional.

  • Tidak mudah terserang penyakit

Pada umumnya anak terserang penyakit adalah pada saat daya tahan tubuh melemah, salah satu hal yang membuat daya tahan tubuh melemah yaitu kurang nya waktu istirahat sehingga metabolisme tubuh menjadi terganggu dan mengakibatkan anak mudah terserang virus penyakit. Dengan tidur siang dan waktu istirahat yang cukup, tentu daya tahan tubuh anak menjadi kuat dan dapat menangkal virus-virus penyakit.

  • Menjaga berat badan

Salah satu tolak ukur tingkat kesehatan anak bisa di lihat melalui berat badan, tidur siang menjadi salah satu cara yang baik untuk menjaga berat badan anak. bukan semata-mata karena tidur siang maka akan dapat meningkatkan berat badan tetapi lebih ditekankan kepada energi yang keluar lebih sedikit ketika tidur dibandingkan ketika melakukan aktivitas sehingga nutrisi dan vitamin dapat diserap tubuh.

Itu adalah 5 manfaat penting tidur siang bagi balita yang harus anda tau, yang terpenting adalah tidur siang secara rutin secukup nya dan jangan berlebihan karena tidur siang yang terlalu lama pun dapat berdampak buruk terhadap kesehatan dan terutama akan menggangu jam tidur malam anak.

Share this